Serba Serbi Perkembangan Teknologi Komunikasi

1. Pengembangan dan cara apa yang dilakukan oleh surat kabar online sebagai alternative menghadapi pesaingnya?
Jawab    :    Menurut saya untuk mengembangkan surat kabar online, guna menghadapi persaingan sesama media online yaitu melalui, pemberian headline-headline berita di suatu situs tertentu, dengan memberikan Link URL atau alamat dari situs tersebut pada headline tersebut jadi para pengguna internet jika meng-klik headline tersebut dapat langsung dialihkan menuju situs dari media surat kabar online tersebut, dan tidak perlu lagi mencari berita melalui situs-situs pencari lainnya. Karena dengan hanya memberikan suatu headline yang cukup menarik, itu dapat, membuat seseorang tertarik dan menimbulkan rasa ingin tahu, mengenai berita yang sedang dilihatnya.

5.  Apakah Anda setuju dengan penilaian bahwa ketika para ahli melihat kembali pada abad kedua puluh satu, mereka akan mengingatnya sebagai abad terakhir dari buku tersebut?
Jawab    :    Setuju, karena diera serba cepat&online seperti ini, orang tidak perlu lagi sibuk mencari buku-buku dalam bentuk konvensional, karena kita sudah mengetahui apa tiu yang namanya ebook, yaitu buku dalam bentuk digital, yang dapat diakses dimana saja, dan tidak perlu repot-repot membawa buku berkilo-kilo dalam tas kita, karena ebook dapat diakses melalui telepon genggam, khususnya smart phone, dan juga melalui notebook, netbook dan dengan mudah disimpan melalui flashdisk media penyimpan data yang sudah sangat umum dikalangan masyarakat. Dan jika kita masih memerlukan buku konvensional, namun tidak ingin repot membawanya, kita bisa memindahkannya menjadi data digital, melalui scanner alat pemindai data, menjadi data digital, dan kemudian kita dapat menyimpannya di flashdisk, dan dapat mengakses data tersebut dimana saja.


7.   Akan terjadikah prediksi kematian buku tradisional pada abad ini, berarti hilangnya buku, atau diganti menjadi sesuatu yang lain? Berikan penjelasan anda dengan jelas.
Jawab    :    Iya, karena dari soal yang sudah saya jawab di atas yaitu nomor 5, buku kini sudah digantikan keberadaannya melalui buku elektrik, atau yang lebih popular dengan sebutan ebook. Yaitu buku yang diakses melalui media elektronik seperti komputer, smartphone, dan media elektronik lainnya, karena banyak masyarakat yang mempunyai mobilitas tinggi yang tidak lagi sempat mencari buku di perpustakaan, atau repot membawa buku konvensional dengan beban yang tidak ringan, ebook dapat dicari melalui forum-forum internet, dan ada pula beberapa situs yang meyediakan pemesanan ebook dengan harga yang lebih terjangkau dibanding dengan buku konvensional. Media diakses melalui perangkat lunak pada komputer yaitu Adobe Reader karena format data dari ebook umumnya berbentuk PDF, format yang hanya bisa dibuka melalui Adobe Reader.

9.   Dalam hal apa Internet dan World Wide Web, merevolusi cara radio ditransmisikan, diproduksi dan dikenal?
Jawab    :    Radio dapat ditransmisikan diproduksi dan dikenal melalui internet melalui situs-situs pendukung yang mampu memberikan kontribusi pemberitaan melalui radio online, seperti contohnya yang memakai radio pada situsnya adalah Yahoo, berawal pada perangkat lunak yang dapat diunduh melalui situs Yahoo tersebut yaitu Yahoo Messenger, perangkat lunak tersebut mempunyai fungsi yaitu pengirim pesan singkat atau lebih dikenal dengan sbutan chat, dengan situs pertemanan itu Yahoo memberikan layanan berupa radio online yang dapat memberikan hiburan ringan disaat kita sedang melakukan perbincangan melalui pesan-pesan singkat tersebut.

11. Apakah Anda setuju dengan penilaian penulis bahwa iklan mendominasi sekarang ini? Apa pendapat Anda tentang trend ini?
Jawab    :    Setuju, karena dengan menggunakan sebuah media iklan dapat diakses dimana saja, melalui media cetak, media elektronik, dan media online, penggunaan iklan dalam mempromosikan suatu jenis produk sangatlah efektif, melalui iklan sebuah produk dengan sangat cepat dapat beredar dikalangan masyrakat. Namun pendapat saya mengenai trend ini kurang baik bagi produsen-produsen yang masih pada taraf memulai suatu usaha, Karena untuk mempromosikan suatu produk melalui sebuah iklan, itu membutuhkan dana yang tidak sedikit, sedangkan produsen awal pun masih mempunyai tanggungan untuk modal usahanya tersebut. Dan menurut saya cara yang lumaya efektif untuk promosi suatu produk adalah melalui mulut ke mulut atau mouth to mouth, karena dengan begitu dari satu orang ke orang lain dapat memberikan testimonial suatu produk tersebut dengan tujuan mempromosikannya dan memberikan rekomendasi baik kepada produsen tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar